5 Pilihan Olahraga yang Dapat Dilakukan Ketika Lutut Sedang Sakit

Saat lutut sedang sakit, berolahraga mungkin bakal terasa mustahil buat dilakukan. Sebab, kaki jadi bagian yang bertugas untuk menopang tubuh, bukan? Selain itu, kamu pasti juga takut untuk menjalankan exercise seperti biasa karena resiko mengalami cedera tentunya semakin besar.  Tapi, tenang! Ada, loh, beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan ketika lutut sedang sakit. Bahkan, bisa meringankan rasa sakit yang kamu rasakan. Apa saja, tuh?

Olahraga Untuk Lutut yang Sedang Sakit

Bagi kamu yang terbiasa berolahraga, pasti absen melakukannya sehari saja badanmu udah terasa tidak enak. Tapi, gimana kalo alasan untuk nggak olahraga itu karena ada bagian tubuhmu yang sedang bermasalah? Lutut, misalnya.

Namun, lutut yang sedang sakit nggak akan jadi hambatan bagimu untuk berolahraga jika latihan yang kamu pilih nggak berbahaya. Seperti rekomendasi olahraga yang bisa dijalankan saat lututmu sedang sakit berikut:

1. Bersepeda

Selain membantu menjaga kesehatan jantung dan melancarkan aliran darah, bersepeda ternyata aman, loh, buat kamu yang tengah mengalami sakit lutut. Meski melibatkan bagian tubuh tersebut, tapi olahraga ini nggak memberi tekanan apapun, sehingga nggak akan memperparah kondisinya.

Guna memastikan tidak ada tekanan pada lutut, kamu harus menaikkan jok sepeda dan menghindari turunan atau tanjakan curam. Di samping sepeda biasa, kamu juga dapat menggunakan sepeda statis. Tapi, jangan terlalu cepat, ya, menggowesnya untuk mencegah masalah pada lututmu semakin memburuk.

2. Berenang

Berenang adalah salah satu jenis latihan kardio yang sangat baik untuk kesehatan organ jantung dan paru-paru. Berenang juga ampuh untuk melatih otot perut dan dada serta membakar kalori dalam waktu singkat. Selain itu, olahraga tersebut mampu meningkatkan kekuatan otot lutut, loh! Jadi, bisa banget dilakuin pas lututmu lagi sakit.

Ketika berenang, kakimu akan mengapung di air dan tidak menyokong beban tubuh. Sehingga, lututmu bakal terhindar dari rasa sakit.

3. Pilates

Pilates merupakan olahraga yang bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan kekuatan inti serta keseimbangan otot. Di samping mampu menyehatkan tubuh, pilates juga dapat membantu meredakan bagian tubuh yang sedang bermasalah.

Bahkan, olahraga ini sangat cocok untuk para wanita yang tengah mengalami sakit lutut. Bila dilakukan dengan tepat, banyak sekali manfaatnya. Antara lain, membenahi postur tubuh, tonus otot, mobilitas sendi juga mengatasi stress.

Takut mempraktikkannya sendiri? Ke kelas pilates aja! Di sana pasti ada instruktur khusus yang bakal membimbingmu melakukannya.

4. Step Touches

Olahraga yang dapat dilakukan ketika lutut sedang sakit berikutnya adalah step touches. Olahraga yang sederhana ini biasanya diawali dengan tempo yang lambat dan semakin lama semakin bertambah kecepatannya.

Untuk melakukan step touches, kamu bisa berdiri tegak dengan kaki dibuka lebar, selebar bahu. Ayunkan kaki kanan selangkah ke kiri dan kaki kiri ke arah kiri. Lakukan secara bergantian dengan melangkah ke kanan serta ke kiri dengan langkah yang lebih besar. Usahakan posisi kakimu tidak menekuk, ya! Ulangi selama kurang lebih 60 detik.

5. Harmstring Curl

Olahraga yang dapat dilakukan ketika lutut sedang sakit ini sangat aman dilakukan, sebab selain mampu memperkuat harmstring (otot di belakang paha) dan glutes (otot pantat), harmstring curl juga dapat mengatasi rasa sakit di sendi lutut. Untuk mengawalinya, silakan berdiri di belakang kursi seraya memegang punggung kursi guna menjaga keseimbangan. Kemudian, lutut kanan ditekuk dan kaki diangkat ke belakang. Ulangi sebanyak 10 kali sebelum ganti ke kaki yang lain.

Mana kah yang bakal kamu coba di antara olahraga yang dapat dilakukan ketika lutut sedang sakit di atas? Tapi, ingat, ya, jangan menerapkannya secara asal-asalan agar tidak membuat kondisi lututmu yang sedang sakit bertambah parah.