Cara Menjaga Kesehatan Telinga Untuk Pengguna Earphone Berikut Bisa Di Terapkan

cara menjaga kesehatan telinga untuk pengguna earphone

Hobi dengerin musik lewat earphone? Lebih syahdu dan khidmat daripada mendengarkannya melalui speaker. Kamu jadi bisa fokus dengan satu suara, nggak bercampur-campur sama suara lainnya. Tapi, resikonya, kalo lagi pake earphone, kamu bakal susah denger jika dipanggil atau diajak ngobrol. Resiko lainnya, yang lebih parah, yaitu kehilangan pendengaran karena terlalu sering menggunakan earphone. Bagaimana cara menjaga kesehatan telinga untuk pengguna earphone agar terhindar dari resiko-resiko tersebut?

Earphone adalah salah satu aksesoris gadget yang nggak kalah penting dari gadget itu sendiri. Kenapa begitu? Pasalnya, benda tersebut bisa membantu kamu lebih fokus ketika mendengarkan musik, menonton serial favorit dan sebagainya. Tapi, menggunakan earphone dalam jangka panjang dapat memicu berbagai masalah pada telinga kamu.  Maka dari itu, sebaiknya ikuti aturan atau tips menjaga kesehatan telinga berikut agar penggunaan earphone nggak berdampak buruk bagi indera pendengaranmu:

1. Pilih Earphone Berkualitas Tinggi

Ada beberapa jenis earphone yang dijual di pasaran. Ada yang bisa menghambat kebisingan, sehingga kamu akan memperoleh kualitas suara nan lebih baik tanpa harus meninggikan volume. Ada pula yang memungkinkan masuknya suara bising dari luar. Hal ini tentu membuat kamu harus menaikkan volume terlebih dulu supaya memperoleh kualitas suara yang baik.

Nah, earphone yang berkualitas tinggi biasanya punya ciri-ciri yang pertama tadi. Demi kesehatan telingamu, mending beli yang itu. Emang agak mahal, sih, tapi daripada harus keluar uang banyak untuk mengobati gangguan telinga yang diakibatkan oleh earphone berharga murah?

2. Bersihkan Earphone Secara Rutin

Earphone yang kamu gunakan bisa jadi sarang bakteri, loh. Oleh karena itu, harus dibersihkan secara rutin, minimal seminggu sekali. Caranya mudah, kok! Kamu hanya perlu menyiapkan sikat gigi, cotton bud dan alkohol. Sikat permukaan earphone sampai kotorannya hilang. Lalu, ambil cotton bud yang sudah dicelupkan pada cairan alkohol dan sapukan di area luar serta kabel earphone.

Kamu yang menggunakan earphone dengan silikon bisa mempraktikkan metode berikut. Siapkan air hangat yang telah diberi sabun cuci, lap kering dan sikat gigi. Lepas silikon earphone, lalu rendam dalam air hangat yang dicampur sabun selama beberapa menit sebelum dikeringkan dengan lap. Setelah itu, pakai sikat gigi untuk membersihkan bagian earphone yang nggak boleh kena air.

3. Kurangi Volume Suaranya

Menurut WHO (World Health Organization) mendengarkan musik dengan volume yang terlalu kencang dapat membuat seseorang kehilangan pendengarannya. Disebutkan pula, 1,1 juta orang yang ada di rentang usia 12-35 tahun beresiko mengalami tuli akibat hal tersebut.

MRC Institute of Hearing Research menyebutkan, suara yang diterima ketika seseorang mendengarkan musik lewat earphone adalah 95-105 desibel. Nah, suara yang dihasilkan manusia saat berbicara umumnya hanya 60 desibel dan ukuran itu nggak bikin kamu mengalami masalah pendengaran.

Sedangkan suara bulldozer yang biasanya mencapai 85 desibel bisa mengakibatkan kerusakan permanen setelah 8 jam. Jadi, bisa dikatakan bahwa suara yang dihasilkan earphone lebih kencang daripada suara bulldozer. Itu berbahaya, loh! Suara yang kencang bisa merusak rambut halus di dalam telinga alias stereocilia dan menyebabkan pendengaranmu tidak berfungsi.

Selain membatasi pemakaiannya, kamu juga harus memastikan volume earphone yang didengarkan nggak lebih dari 60%.

4. Jauhkan Earphone dari Paparan Kuman

Supaya tidak terkena kuman, hindari meletakkan earphone di tempat sembarangan, misalnya di atas meja yang berdebu, di bawah bantal dan sebagainya. Kamu juga harus menghentikan kebiasaan meminjam-minjamkan earphone kepada orang lain. Sebab, hal itu bisa mempermudah bakteri berpindah. Cara menjaga kesehatan telinga untuk pengguna earphoneini tidak boleh kamu lewatkan, ya!

5. Jangan Memakai Earphone Secara Berlebihan

Semua hal yang berlebihan itu nggak baik, termasuk penggunaan earphone. Terlalu lama memakai alat tersebut bisa membuat kamu mengalami infeksi telinga, loh! Batasi penggunaannya, maksimal 60 menit. Jika lebih dari itu bisa berpotensi mengurangi kemampuan indera pendengaranmu. Nggak mau, kan, mengalaminya?

6. Bersihkan Telinga Secara Berkala

Bagi kamu yang kerap menggunakan earphone, membersihkan telinga adalah suatu kewajiban yang haram untuk dilewatkan. Sebab, earphone bisa menghalangi kotoran telinga untuk keluar. Bila kotoran tersebut menumpuk, akan memicu terjadinya infeksi.

Guna mencegahnya, bersihkan telinga bagian luar dengan cotton bud atau lap basah. Hindari memasukkan cotton bud ke dalam liang telinga karena justru dapat mendorong kotoran masuk lebih dalam. Sebaiknya, gunakan baby oil atau obat tetes khusus sebelum membersihkannya supaya kotoran telinga melunak.

Apabila frekuensi pemakaian earphone tinggi, kamu harus memperhatikan kondisi telingamu. Cara menjaga kesehatan telinga untuk pengguna earphone di atas bisa kamu terapkan. Jangan biarkan kebiasaanmu tersebut mengganggu fungsi salah satu indera yang penting bagi kelangsungan hidupmu, ya!