7 Cara Promosi Online Shop di Instagram Secara Maksimal

Menjalankan bisnis melalui media sosial seperti Instagram membutuhkan proses waktu agar bisa dikenal orang. Dari situlah pebisnis mendapatkan pelanggan setia. Lalu pertanyaan yang muncul adalah bagaimana cara promosi online shop di Instagram? Simak ulasan berikut ini untuk memperoleh jawabannya.

1. Sering-sering Memposting dan Mengupdate

Cara promosi online shop di Instagram yang pertama adalah dengan sering-sering memposting dan mengupdate. Postingan mengenai produk bisa ditampilkan di timeline Instagram. Selain itu, rajinlah mengupdate produk-produk bisnis agar lebih mudah dilihat dan diingat oleh followers sebagai customer.

Mengupdate foto dan video produk bisnis tidak mesti dilakukan setiap hari. Agar pekerjaan mengelolah akun bisnis di Instagram menjadi lebih mudah, buatlah schedule yang tersusun secara sistematis. Perbanyak interaksi dengan followers sebagai jalan untuk mempromosikan produk bisnis.

2. Membuat Foto atau Video Original yang Menarik

Cara untuk promosi onine shop di Instagram yang selanjutnya adalah membuat video yang menarik. Banyak yang berpendapat bahwa tidak perlu memfoto produk yang dijual, yang penting produk tersebut laku dijual. Mereka hanya mengandalkan foto yang berasal dari internet sebagai cover produk.

Meskipun begitu, jangan hanya mengandalkan foto atau video tersebut. Sebisa mungkin untuk menampilkan foto produk yang original sesuai produk. Gunakan teknik foto yang baik seperti pencahayaan, tata letak hingga latar belakang yang menarik. Hal ini juga membuat customer yakin bahwa produk tersebut sebagus gambarnya.

3. Menambahkan Hastag yang Spesifik

Penambahan hastag pada detail produk bisnis merupakan cara promosi online shop di Instagram yang optimal. Fungsi hastag pada detail produk akan membuat orang lebih mudah menemukan produk tersebut. Hastag ini sebisa mungkin dibuat dengan spesifik agar pengguna Instagram mudah mencari produk dengan kata kunci tersebut.

4. Memposting di Waktu yang Tepat

Mengupload foto atau video produk di Instagram harus dilakukan di waktu yang tepat agar memperoleh perhatian dari pelanggan. Lalu kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk memposting foto atau video di Instagram? Sekitar pukul 12.00 hingga 14.00 dan 17.00 merupakan waktu yang bertepatan dengan waktu senggang orang sehingga cocok untuk memposting.

Sedangkan untuk mengupdate foto atau video di Instagram adalah pada pukul 06.00-08.00, serta pukul 20.00-23.00. Waktu-waktu tersebut merupakan waktu yang sangat tepat untuk memperbaharui postingan. Pada jam tersebutlah orang lebih banyak menggunakan waktunya untuk berselancar di sosial media.

5. Mengendorse Produk Melalui Selebgram

Istilah selebgram bukan hal yang asing ditelinga para pengguna Instagram. Selebgram adalah mereka yang memiliki ketenaran seperti selebriti. Mereka terkenal di Instagram dengan followers yang banyak dan menjadi primadona bagi kebanyakan orang. Dengan ketenaran yang mereka miliki, para pebisnis online shop bisa memanfaatkannya sebagai ajang promosi produk.

6. Memasang Iklan di Instagram

Pemasangan iklan produk merupakan cara promosi online shop di Instagram merupakan hal yang harus dilakukan jika ingin menarik banyak pelanggan. Tampilan iklan di Instagram mirip postingan di timeline pada umumnya, yang membedakan adalah tulisan sponsored di atasya. Untuk melakukannya bisa melalui Facebook Busniness Manager (BM).

7. Menampilkan Testimoni

Untuk membuat pelanggan percaya akan bisnis yang dijalankan, maka perlu memberikan bukti yang konkrit. Bukti ini biasa disebut testimoni yang menampilkan kepuasan pelanggan setelah membeli produk. Testimoni bisa ditampilkan dalam berbagai bentuk seperti hasil screenshot percakapan dengan pelanggan.

Sekian ulasan mengenai cara promosi online shop di Instagram untuk para pebisnis. Cara-cara tersebut dapat dilakukan dengan mudah atau mengkombinasikannya cara yang lain. Melalui ulasan ini semoga bisa menambah referensi dan bisnis yang dijalankan bisa semakin berkembang.