Cara Menjaga Kesehatan Telinga Untuk Pengguna Earphone Berikut Bisa Di Terapkan

Hobi dengerin musik lewat earphone? Lebih syahdu dan khidmat daripada mendengarkannya melalui speaker. Kamu jadi bisa fokus dengan satu suara, nggak bercampur-campur sama suara lainnya. Tapi, resikonya, kalo lagi pake earphone, kamu bakal susah denger jika dipanggil atau diajak ngobrol. Resiko lainnya, yang lebih parah, yaitu kehilangan pendengaran karena terlalu sering menggunakan earphone. Bagaimana cara menjaga kesehatan telinga untuk pengguna earphone agar terhindar dari resiko-resiko tersebut?

Earphone adalah salah satu aksesoris gadget yang nggak kalah penting dari gadget itu sendiri. Kenapa begitu? Pasalnya, benda tersebut bisa membantu kamu lebih fokus ketika mendengarkan musik, menonton serial favorit dan sebagainya. Tapi, menggunakan earphone dalam jangka panjang dapat memicu berbagai masalah pada telinga kamu.  Maka dari itu, sebaiknya ikuti aturan atau tips menjaga kesehatan telinga berikut agar penggunaan earphone nggak berdampak buruk bagi indera pendengaranmu:

1. Pilih Earphone Berkualitas Tinggi

Ada beberapa jenis earphone yang dijual di pasaran. Ada yang bisa menghambat kebisingan, sehingga kamu akan memperoleh kualitas suara nan lebih baik tanpa harus meninggikan volume. Ada pula yang memungkinkan masuknya suara bising dari luar. Hal ini tentu membuat kamu harus menaikkan volume terlebih dulu supaya memperoleh kualitas suara yang baik.

Nah, earphone yang berkualitas tinggi biasanya punya ciri-ciri yang pertama tadi. Demi kesehatan telingamu, mending beli yang itu. Emang agak mahal, sih, tapi daripada harus keluar uang banyak untuk mengobati gangguan telinga yang diakibatkan oleh earphone berharga murah?

2. Bersihkan Earphone Secara Rutin

Earphone yang kamu gunakan bisa jadi sarang bakteri, loh. Oleh karena itu, harus dibersihkan secara rutin, minimal seminggu sekali. Caranya mudah, kok! Kamu hanya perlu menyiapkan sikat gigi, cotton bud dan alkohol. Sikat permukaan earphone sampai kotorannya hilang. Lalu, ambil cotton bud yang sudah dicelupkan pada cairan alkohol dan sapukan di area luar serta kabel earphone.

Kamu yang menggunakan earphone dengan silikon bisa mempraktikkan metode berikut. Siapkan air hangat yang telah diberi sabun cuci, lap kering dan sikat gigi. Lepas silikon earphone, lalu rendam dalam air hangat yang dicampur sabun selama beberapa menit sebelum dikeringkan dengan lap. Setelah itu, pakai sikat gigi untuk membersihkan bagian earphone yang nggak boleh kena air.

3. Kurangi Volume Suaranya

Menurut WHO (World Health Organization) mendengarkan musik dengan volume yang terlalu kencang dapat membuat seseorang kehilangan pendengarannya. Disebutkan pula, 1,1 juta orang yang ada di rentang usia 12-35 tahun beresiko mengalami tuli akibat hal tersebut.

MRC Institute of Hearing Research menyebutkan, suara yang diterima ketika seseorang mendengarkan musik lewat earphone adalah 95-105 desibel. Nah, suara yang dihasilkan manusia saat berbicara umumnya hanya 60 desibel dan ukuran itu nggak bikin kamu mengalami masalah pendengaran.

Sedangkan suara bulldozer yang biasanya mencapai 85 desibel bisa mengakibatkan kerusakan permanen setelah 8 jam. Jadi, bisa dikatakan bahwa suara yang dihasilkan earphone lebih kencang daripada suara bulldozer. Itu berbahaya, loh! Suara yang kencang bisa merusak rambut halus di dalam telinga alias stereocilia dan menyebabkan pendengaranmu tidak berfungsi.

Selain membatasi pemakaiannya, kamu juga harus memastikan volume earphone yang didengarkan nggak lebih dari 60%.

4. Jauhkan Earphone dari Paparan Kuman

Supaya tidak terkena kuman, hindari meletakkan earphone di tempat sembarangan, misalnya di atas meja yang berdebu, di bawah bantal dan sebagainya. Kamu juga harus menghentikan kebiasaan meminjam-minjamkan earphone kepada orang lain. Sebab, hal itu bisa mempermudah bakteri berpindah. Cara menjaga kesehatan telinga untuk pengguna earphoneini tidak boleh kamu lewatkan, ya!

5. Jangan Memakai Earphone Secara Berlebihan

Semua hal yang berlebihan itu nggak baik, termasuk penggunaan earphone. Terlalu lama memakai alat tersebut bisa membuat kamu mengalami infeksi telinga, loh! Batasi penggunaannya, maksimal 60 menit. Jika lebih dari itu bisa berpotensi mengurangi kemampuan indera pendengaranmu. Nggak mau, kan, mengalaminya?

6. Bersihkan Telinga Secara Berkala

Bagi kamu yang kerap menggunakan earphone, membersihkan telinga adalah suatu kewajiban yang haram untuk dilewatkan. Sebab, earphone bisa menghalangi kotoran telinga untuk keluar. Bila kotoran tersebut menumpuk, akan memicu terjadinya infeksi.

Guna mencegahnya, bersihkan telinga bagian luar dengan cotton bud atau lap basah. Hindari memasukkan cotton bud ke dalam liang telinga karena justru dapat mendorong kotoran masuk lebih dalam. Sebaiknya, gunakan baby oil atau obat tetes khusus sebelum membersihkannya supaya kotoran telinga melunak.

Apabila frekuensi pemakaian earphone tinggi, kamu harus memperhatikan kondisi telingamu. Cara menjaga kesehatan telinga untuk pengguna earphone di atas bisa kamu terapkan. Jangan biarkan kebiasaanmu tersebut mengganggu fungsi salah satu indera yang penting bagi kelangsungan hidupmu, ya!

5 Pilihan Olahraga yang Dapat Dilakukan Ketika Lutut Sedang Sakit

Saat lutut sedang sakit, berolahraga mungkin bakal terasa mustahil buat dilakukan. Sebab, kaki jadi bagian yang bertugas untuk menopang tubuh, bukan? Selain itu, kamu pasti juga takut untuk menjalankan exercise seperti biasa karena resiko mengalami cedera tentunya semakin besar.  Tapi, tenang! Ada, loh, beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan ketika lutut sedang sakit. Bahkan, bisa meringankan rasa sakit yang kamu rasakan. Apa saja, tuh?

Olahraga Untuk Lutut yang Sedang Sakit

Bagi kamu yang terbiasa berolahraga, pasti absen melakukannya sehari saja badanmu udah terasa tidak enak. Tapi, gimana kalo alasan untuk nggak olahraga itu karena ada bagian tubuhmu yang sedang bermasalah? Lutut, misalnya.

Namun, lutut yang sedang sakit nggak akan jadi hambatan bagimu untuk berolahraga jika latihan yang kamu pilih nggak berbahaya. Seperti rekomendasi olahraga yang bisa dijalankan saat lututmu sedang sakit berikut:

1. Bersepeda

Selain membantu menjaga kesehatan jantung dan melancarkan aliran darah, bersepeda ternyata aman, loh, buat kamu yang tengah mengalami sakit lutut. Meski melibatkan bagian tubuh tersebut, tapi olahraga ini nggak memberi tekanan apapun, sehingga nggak akan memperparah kondisinya.

Guna memastikan tidak ada tekanan pada lutut, kamu harus menaikkan jok sepeda dan menghindari turunan atau tanjakan curam. Di samping sepeda biasa, kamu juga dapat menggunakan sepeda statis. Tapi, jangan terlalu cepat, ya, menggowesnya untuk mencegah masalah pada lututmu semakin memburuk.

2. Berenang

Berenang adalah salah satu jenis latihan kardio yang sangat baik untuk kesehatan organ jantung dan paru-paru. Berenang juga ampuh untuk melatih otot perut dan dada serta membakar kalori dalam waktu singkat. Selain itu, olahraga tersebut mampu meningkatkan kekuatan otot lutut, loh! Jadi, bisa banget dilakuin pas lututmu lagi sakit.

Ketika berenang, kakimu akan mengapung di air dan tidak menyokong beban tubuh. Sehingga, lututmu bakal terhindar dari rasa sakit.

3. Pilates

Pilates merupakan olahraga yang bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan kekuatan inti serta keseimbangan otot. Di samping mampu menyehatkan tubuh, pilates juga dapat membantu meredakan bagian tubuh yang sedang bermasalah.

Bahkan, olahraga ini sangat cocok untuk para wanita yang tengah mengalami sakit lutut. Bila dilakukan dengan tepat, banyak sekali manfaatnya. Antara lain, membenahi postur tubuh, tonus otot, mobilitas sendi juga mengatasi stress.

Takut mempraktikkannya sendiri? Ke kelas pilates aja! Di sana pasti ada instruktur khusus yang bakal membimbingmu melakukannya.

4. Step Touches

Olahraga yang dapat dilakukan ketika lutut sedang sakit berikutnya adalah step touches. Olahraga yang sederhana ini biasanya diawali dengan tempo yang lambat dan semakin lama semakin bertambah kecepatannya.

Untuk melakukan step touches, kamu bisa berdiri tegak dengan kaki dibuka lebar, selebar bahu. Ayunkan kaki kanan selangkah ke kiri dan kaki kiri ke arah kiri. Lakukan secara bergantian dengan melangkah ke kanan serta ke kiri dengan langkah yang lebih besar. Usahakan posisi kakimu tidak menekuk, ya! Ulangi selama kurang lebih 60 detik.

5. Harmstring Curl

Olahraga yang dapat dilakukan ketika lutut sedang sakit ini sangat aman dilakukan, sebab selain mampu memperkuat harmstring (otot di belakang paha) dan glutes (otot pantat), harmstring curl juga dapat mengatasi rasa sakit di sendi lutut. Untuk mengawalinya, silakan berdiri di belakang kursi seraya memegang punggung kursi guna menjaga keseimbangan. Kemudian, lutut kanan ditekuk dan kaki diangkat ke belakang. Ulangi sebanyak 10 kali sebelum ganti ke kaki yang lain.

Mana kah yang bakal kamu coba di antara olahraga yang dapat dilakukan ketika lutut sedang sakit di atas? Tapi, ingat, ya, jangan menerapkannya secara asal-asalan agar tidak membuat kondisi lututmu yang sedang sakit bertambah parah.

Cara Diet Menaikan Berat Badan Paling Ampuh

Sekarang ini banyak kaum wanita yang mengiginkan tubuh yang kurus, namun tubuh yang terlulu kurus juga tidak baik untuk kesehatan. Tubuh yang terlalu kurus bisa jadi karena kekurangan nutrisi atau terjangkit penyakit tertentu. Perlu diketahui bahwa tubuh yang ideal lebih menarik daripada tubuh yang terlalu kurus. Bagi wanita yang mempunyai tubuh yang terlalu kurus, alangkah baiknya untuk melakukan diet menambah berat badan. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang cara melakukan diet menaikan berat badan yang dapat dijadikan referensi:

1. Pilihlah Makanan Sehat Yang Kaya Nutrisi

Untuk bisa menaikan berat badan, sebagian besar orang pasti akan makan makanan yang berlemak dalam porsi besar. Makan makanan yang berlemak hanya akan menambah kadar lemak dalam tubuh. Lemak dalam tubuh tersebut nantinya dapat menimbulkan berbagai macam penyakit salah satunya adalah obesitas.

Jadi cara tepat untuk menaikan berat badan adalah dengan makan makanan yang kaya akan kandungan nutrisi. Dengan begitu maka tubuh akan tetap sehat, segar dan terbebas dari serangan penyakit. Makanan yang banyak mengandung nutrisi juga dapat menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal.

Dengan banyak mengonsumsi makanan bernutrisi maka nantinya berat badan bisa bertambah dan badanpun akan tetap sehat. Makanan yang banyak mengandung nutrisi antara lain buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan dan lain-lain.

2. Perbanyak Konsumsi Jus Buah Atau Smoothies

Cara mudah untuk melakukan diet menaikan berat badan ialah dengan memperbanyak konsumsi jus buah atau smoothies. Untuk bisa menaikan berat badan, seseorang disarankan untuk meminum kalori pada waktu makan. Jus atau smoothies merupakan minuman berkalori yang dapat dikonsumsi saat jam makan. Mungkin sebagian masyarakat masih ada yang belum tahu tentang apa itu smoothies.

Smoothies ialah  minuman sehat yang terbuat dari campuran antara buah, kacang, yoghurt atau susu. Semua bahan tersebut nantinya dimasukan kedalam sebuah blender lalu dihaluskan. Saat melakukan diet menaikan berat badan, alangkah baiknya untuk selalu menghindari minum kopi, alkohol dan minuman bersoda.

3. Mengonsumsi Makanan Seimbang

Perlu diketahui bahwa setiap porsi makanan harus mempunyai kandungan gizi yang seimbang. Jadi setiap porsi makanan sehat harus memiliki kandungan protein, vitamin, karbohidrat dan lemak. Untuk bisa melakukan diet menaikan berat badan, seseorang tidak perlu mengonsumsi makanan cepat saji. Hal tersebut dikarenakan, makanan cepat saji merupakan makanan yang banyak mengandung pengawet, pemanis buatan dan bahan berbahaya lainya.

Jadi dalam setiap porsi makan, seseorang disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Seseorang juga bisa mengonsumsi yoghurt, kacang-kacangan dan lemak sehat lain  untuk menambah kadar kalori dalam tubuh.

4. Makan Lebih Sering

Seseorang yang memiliki berat badan kurang ideal merupakan seseorang yang sering merasa cepat kenyang. Untuk bisa mengatasi hal tersebut, seseorang disarankan untuk makan sebanyak 5 sampai 6 kali sehari dengan porsi yang lebih kecil dari yang biasanya.

5. Mengonsumsi Camilan Sehat

Untuk bisa menaikan berat badan seseorang disarankan untuk mengonsumsi camilan yang sehat. Jadi mulai sekarang konsumsilah camilan yang kaya akan nutrisi seperti kurma, kacang kedelai, jagung rebus, buah alpukat, salad buah dan salad sayur. Hindarilah camilan-camilan yang diolah dengan cara digoreng.

6. Minumlah Saat Makan Atau 30 Menit Setelah Makan

Perlu diketahui bahwa minum air sebelum makan dapat mengakibatkan tubuh merasa lebih kenyang. Sedangkan minum banyak air saat makan atau 30 menit setelah makan dapat membuat tubuh menyerap banyak kalori.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang cara-cara diet menaikan berat badan secara sehat. Jadi untuk yang mempunyai tubuh yang terlalu kurus, alangkah baiknya untuk melakukan cara diet yang sudah dijelaskan di atas.

Olahraga Bisa Dilakukan Tanpa Harus Bangkit dari Kursi, Kok! Nggak Percaya? Berikut Pose Yoga Sambil Duduk yang Gampang Banget Buat Dipraktekkin!

Malas berolahraga? Atau memang nggak punya waktu untuk menjalaninya karena sibuk bekerja di kantor? Tenang saja, kamu masih bisa melakukan kegiatan tersebut, kok, meskipun sebagian besar waktumu dihabiskan di depan meja kerja. Selain peregangan ringan, kamu juga dapat mencoba Pose yoga yang bisa dilakukan sambil duduk. Jadi, kamu nggak perlu beranjak dari kursi buat menerapkannya. Sehabis itu, kamu bisa melanjutkan pekerjaan yang sempat tertunda. Enak banget, kan?

Olahraga yang Dapat Dilakukan Sambil Duduk

Umumnya, pekerja kantoran yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk di depan komputer mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti leher terasa kaku, badan pegal linu dan sakit punggung. Tapi, nggak usah khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Salah satunya ialah menerapkan pose yoga sederhana yang berguna untuk meregangkan serta melemaskan tubuh. Untuk mempraktikkannya pun kamu nggak perlu beranjak dari kursi, loh! Nah, ini dia pose-pose yoga yang bisa kamu coba sambil duduk:

1. Raised Hands Pose

Untuk mempraktikkan pose ini, kamu bisa duduk dengan posisi tulang belakang tegak lurus dan tangan mengarah ke atas serta terbuka lebar. Tarik napasmu dalam-dalam dan hembuskan. Ketika mengembuskannya, angkat tubuhmu ke belakang sambil agak membengkokkan bagian atas pinggang dan dada, mengikuti bentuk tempat dudukmu.

Tahan posisi ini selama beberapa detik, kemudian lepaskan tanganmu di sisi samping tubuh dengan perlahan.

2. Twist Pose

Sama dengan raised hands pose, gerakan yoga yang satu ini juga diawali dengan duduk di kursi dengan punggung tegak lurus. Lalu, kamu dapat mengambil dan mengembuskan napas sebelum meletakkan kedua tangan di pergelangan kursi. Setelah itu, putar lah tubuhmu secara bergantian ke sisi kiri dan kanan. Metode ini efektif sekali untuk meringankan sakit punggung yang diakibatkan oleh terlalu lama duduk membungkuk.

3. Wrist Release Pose

Pose yoga yang bisa dilakukan sambil duduk ini cocok banget buat pekerja kantoran. Mengetik di keyboard komputer dalam waktu lama tentunya membuat pergelangan tangan dan lenganmu pegal. Butuh sesekali diregangkan.

Kamu bisa menekuk kedua pergelangan tangan ke semua arah. Langkah-langkahnya, bawa tangan kananmu ke belakang dengan bantuan tangan kiri yang menekan ujung-ujung jarinya. Tahan sekian detik dan ulangi pada tangan kiri.

Lalu, posisikan tanganmu membuka ke atas dan goyangkan pergelangannya dengan cepat ke samping, atas dan bawah. Dengan begini, ketegangan di kedua tanganmu akan hilang.

4. Side Angle Pose

Side angle pose dapat dilakukan dengan memposisikan diri duduk di kursi sambil menyentuhkan kedua kaki ke lantai. Kemudian, ujung jari tangan kanan diletakkan di samping kaki tersebut, sedangkan tangan kiri lurus ke atas. Ketika mau mencondongkan badan dan menaruh tangan kanan ke bawah, ambillah napas panjang. Tahan beberapa detik dan ulangi pada kaki sebaliknya.

5. Warrior Pose

Pada warior pose, ubah posisi dudukmu dari yang awalnya lurus menjadi menyamping. Arahkan tubuhmu menyamping ke kanan. Lalu, letakkan kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang, luruskan posisinya. Lebarkan kedua tanganmu seraya mengambil napas.

Setelah itu, bawa tanganmu ke atas sambil mengembuskan napas pelan-pelan. Ulangi pose ini dan lakukan secara bergantian.

6. Desk Shoulder Opener Pose

Sesuai dengan namanya, pose yoga ini terlihat seperti sedang membuka laci. Manfaatnya, yakni untuk mengembalikan bentuk bahu dan meregangkan tubuh duduk di kursi dalam waktu lama.

Untuk mempraktikkannya, kamu dapat menggeser kursi ke belakang, menjauhi meja. Pastikan yang mencapai laci hanya kedua tanganmu saja. Kemudian, buka kedua lenganmu dan luruskan sampai menyentuh laci. Lalu, jatuhkan kepalamu di antara kedua lengan supaya peregangan bahu sempurna.

7. Savana Pose

Pose yang terakhir, yaitu relaksasi. Duduk lah dengan tegak di kursi. Pastikan kakimu menyentuh lantai. Posisikan tangan di pangkuan dan tutup matamu. Tahan selama sekian detik. Gunanya buat memudahkan tubuh menyesap manfaat-manfaat dari pose yang dipraktikkan sebelumnya.

Mudah banget, kan? Kamu nggak harus melakukan olahraga yang berat untuk meningkatkan kesehatan. Apalagi Pose yoga yang bisa dilakukan sambil duduk, di atas dapat dipraktikkan kapan saja. Sehingga, cocok sekali buat kamu yang nggak punya banyak waktu untuk berolahraga.

Diet Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi Yang Baik Dan Bisa Dicoba

Bagi penderita darah tinggi dan juga mengalami kendala obesitas tentunya memang memerlukan adanya kegiatan untuk diet atau menurunkan berat badan. Badan yang memiliki berat berlebih tentunya memang menimbulkan banyak masalah kesehatan dan tentunya menurunkan tingkat percaya diri. Nah, dalam artikel berikut akan dibahas mengenai diet untuk penderita tekanan darah tinggi yang baik dan bisa dicoba.

Ada banyak sekali jenis dan metode diet yang tersebar di seluruh penjuru dunia, namun untuk diet khusus bagi penderita tekanan darah tinggi memang ada tersendiri. Apa saja pantangan, metode, cara dan anjurannya untuk diet bagi penderita tekanan darah tinggi. Berikut adalah ulasan mengenai diet untuk penderita tekanan darah tinggi yang baik dan bisa dicoba.

1. Kurangi Penggunaan Garam

Melakukan pengurangan dan penjagaan jumlah garam yang masuk termasuk garam meja atau MSG memang perlu diperhatikan. Bagi penderita hipertensi memang pembatasan konsumsi garam sangat diperlukan karena garam bisa meninggikan tekanan darah tinggi. Ganti garam dengan memasukan rempah-rempah agar makanan semakin lezat dan masih berasa.

Gunakan jahe, bawang putih, bawang merah, laos, merica, lada atau herbal lainnya untuk memperkaya sajian makanan yang ada.  Selain membatasi penggunaan garam untuk menjaga tekanan darah tentunya bisa untuk menurunkan berat badan. Asal semuanya harus dilakukan dengan konsisten ya.

2. Kurangi Makanan Yang Digoreng

Makanan yang digoreng memang lezat dan nikmat, namun tentu memberikan dampak yang kurang sehat. Lemak jenuh akan dihasilkan dari metode penggorengan karena jumlah minyak yang digunakan. Nah, hal ini tentu saja bisa menambah kemungkinan kolestrol bagi penderita hipertensi.

Maka dari itu, coba untuk mengurangi makanan yang langsung digoreng. Pilihlah makanan yang dipanggang atau direbus saja agar penggunaan minyaknya bisa lebih diminimalisir. Rasa makanan yang direbus atau dipanggang tentu saja tetap bisa enak dan lezat loh, jangan lupa tambahkan sayurannya.

3. Kurangi Makan Cemilan

Camilan memang ringan, enak, gurih dan tentunya menggoda apalagi yang memiliki rasa asin dan tambahan rasa lainnya. Namun tahukah bahwa makan camilan secara berlebihan itu sangat tidak baik apalagi jika tanpa batasan ya. Kandungan gula, garam, karbohidrat tidak kompleks yang ada sangat banyak ya.

Selain itu camilan yang ada biasanya mengandung banyak kalori yang sebenarnya tidak mengenyangkan ketika selesai dimakan. Maka dari itu lebih baik untuk mengganti camilan yang ada dengan buah-buahan. Hiduplah dengan sehat agar terhindar dari darah tinggi atau kegemukan yang mengintai.

4. Konsumsi Sayuran Dan Kacang-kacangan

Bagi penderita darah tinggi dan obesitas yang ingin menurunkan berat badan memang jangan sampai malas untuk makan sayuran dan kacang-kacangan ya. Sayuran hijau seperti sawi, brokoli, kembang kol, sayur, kedelai dan lainnya itu sangat baik untuk kesehatan. Protein nabati yang terkandung didalamnya bisa menjaga kadar tekanan darah dan bisa untuk pemenuhan protein bagi yang menjalani diet.

Sayuran yang ada bisa ditumis ringan atau direbus agar tidak kehilangan banyak vitaminnya. Sedangkan untuk kacang-kacangannya bisa dikonsumsi dengan direbus dan dijadikan camilan pengganti snack. Lakukan secara konsisten ya untuk hasil yang terbaik.

5. Konsumsi Susu Dan Yogurt

Penggunaan atau konsumsi yogurt dan susu untuk menjadi menu harian bagi penderita tekanan darah tinggi yang sedang diet memang sangat baik. Kandungan dari yogurt dan susu yang memiliki banyak protein, vitamin dan mineral memang cocok untuk menunjang kesehatan. Setidaknya lakukan kegiatan meminum susu atau yogurt sekali dalam sehari.

Nah diatas adalah beberapa tips mengenai diet untuk penderita tekanan darah tinggi yang baik dan bisa dicoba. Konsumsi makanan diatas secara teratur dan konsisten untuk memberikan hasil yang terbaik. Selamat mencoba!

Aplikasi Belanja Barang Original Tereksis Dan Terpercaya Tahun 2020

Dewasa ini belanja dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Apalagi jika pelayanan yang diterima sangat sesuai dan pas dengan yang diinginkan. Semua itu dapat dilakukan melalui aplikasi yang dapat didownload dengan cepat dan free pastinya. Namun, permasalahan saat ini adalah sulit menemukan aplikasi belanja barang original yang menjual barang-barang berkualitas.


Belanja online memang bukan hal yang asing, baik pria atau wanita selalu memanfaatkan cara seperti ini tanpa pergi ke toko. Akan tetapi, sering sekali terjadi masalah, seperti warna dan bentuk yang tidak sesuai dan barang tidak original. Nah, berikut aplikasi belanja barang original yang paling eksis dan terpercaya tahun 2020!

1. Lazada

Lazada adalah aplikan belanja online paling banyak diminati kalangan wanita Indonesia, selain barang yang dijual beragam, warna dan bentuk barangjuga sesuai dengan yang ditampilkan penjual dan ini pas dengan harga yang ditawarkan. Selain itu, di Lazada juga ada LazadaMal, yaitu tempat berbelanja jika ingin barang-barang dengan kualitas mahal dan branded.

2. Shopee

Aplikasi belanja kedua di Indonesia yang tidak kalah eksisnya adalah Shopee. Toko online ini terkenal dengan banyaknya diskon yang ditawarkan. Yang paling diburu masyarakat melalui aplikasi ini, karena ongkos kirim yang murah dan irit. Jangan khawatir jika ingin memberli barang mahal dari brand terkenal, Shopee sangat menyediakan dengan harga bervariatif.

3. Tokopedia

Nah, selanjutnya toko online ketiga yang memberikan kemudahan bagi masyarakat berbelanja segala macam barang dengan harga yang rvariasi namun dengan kualitas barang yang bagus dan tidak mengecewakan adalah, aplikasi belanja Tokopedia. Keunggulan toko online ini, menjual barang-barang dari industri UMKM. Jika ingin mencari tas branded luar negeri, juga ada disini.

4. Zalora

Toko online yang paling banyak menjual barang original dari brand terkenal adalah Zalora. Apalagi marketplace ini mempunyai banyak penjual yang menjual barang kualitas yang tidak diragukan lagi. Toko Online yang berada dibawah naungan PT. Fashion Eservices Indonesia berfokus menjual fashion wanita, bahkan memberikan jaminan garansi pada setiap produk yang dijual.

5. Sale Stock

Sale stock adalah toko online yang selalu menjual barang-barang branded dengan kualitas yang tidak kalah dengan barang-barang yang dijual di Mall. Apalagi keuntungan dari Sale Stock yaitu harga yang ditawarkan sangat terjangkau dan irit kantong. Sehingga, setiap masyarakat yang berbelanja melalu toko online ini sangat puas dan tidak merugikan pastinya.

6. Elevania

Onlineshop yang berada dibawah naungan PT. XL Planet ini adalah marketplace yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bebelanja online dengan mudah untuk mendapatkan barang-barang yang berkualitas tinggi dan terbaik. Selain itu, di toko online ini memiliki banyak produk original yang pastinya tidak akan mengecewakan dan untuk berbelanja disini tidaklah ribet.

7. Blibli.Com

Marketplace terakhir yang menjual barang-barang original dan branded dari Indonesia dan luar negeri adalah Blibli.com. Ada banyak barang kebutuhan yang dapat dibeli di toko online ini, jangan khawatir, walaupun yang dijual adalah barang-barang original namun harga tetap sesuai dengan yang diinginkan, apalagi barang yang dijual juga selalu update setiap harinya.
Jadi, mulai hari ini jangan lagi takut untuk berbelanja di Marketplace secara online ya. Karena sejatinya semua toko online yang ada di Indonesia, selalu berusaha menjual barang-barang dengang kualitas yang bagus dan terjamin agar pembeli suka dan nyaman. Itulah Aplikasi belanja barang original tereksis dan terpercaya tahun 2020, selamat berbelanja!

7 Cara Promosi Online Shop di Instagram Secara Maksimal

Menjalankan bisnis melalui media sosial seperti Instagram membutuhkan proses waktu agar bisa dikenal orang. Dari situlah pebisnis mendapatkan pelanggan setia. Lalu pertanyaan yang muncul adalah bagaimana cara promosi online shop di Instagram? Simak ulasan berikut ini untuk memperoleh jawabannya.

1. Sering-sering Memposting dan Mengupdate

Cara promosi online shop di Instagram yang pertama adalah dengan sering-sering memposting dan mengupdate. Postingan mengenai produk bisa ditampilkan di timeline Instagram. Selain itu, rajinlah mengupdate produk-produk bisnis agar lebih mudah dilihat dan diingat oleh followers sebagai customer.

Mengupdate foto dan video produk bisnis tidak mesti dilakukan setiap hari. Agar pekerjaan mengelolah akun bisnis di Instagram menjadi lebih mudah, buatlah schedule yang tersusun secara sistematis. Perbanyak interaksi dengan followers sebagai jalan untuk mempromosikan produk bisnis.

2. Membuat Foto atau Video Original yang Menarik

Cara untuk promosi onine shop di Instagram yang selanjutnya adalah membuat video yang menarik. Banyak yang berpendapat bahwa tidak perlu memfoto produk yang dijual, yang penting produk tersebut laku dijual. Mereka hanya mengandalkan foto yang berasal dari internet sebagai cover produk.

Meskipun begitu, jangan hanya mengandalkan foto atau video tersebut. Sebisa mungkin untuk menampilkan foto produk yang original sesuai produk. Gunakan teknik foto yang baik seperti pencahayaan, tata letak hingga latar belakang yang menarik. Hal ini juga membuat customer yakin bahwa produk tersebut sebagus gambarnya.

3. Menambahkan Hastag yang Spesifik

Penambahan hastag pada detail produk bisnis merupakan cara promosi online shop di Instagram yang optimal. Fungsi hastag pada detail produk akan membuat orang lebih mudah menemukan produk tersebut. Hastag ini sebisa mungkin dibuat dengan spesifik agar pengguna Instagram mudah mencari produk dengan kata kunci tersebut.

4. Memposting di Waktu yang Tepat

Mengupload foto atau video produk di Instagram harus dilakukan di waktu yang tepat agar memperoleh perhatian dari pelanggan. Lalu kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk memposting foto atau video di Instagram? Sekitar pukul 12.00 hingga 14.00 dan 17.00 merupakan waktu yang bertepatan dengan waktu senggang orang sehingga cocok untuk memposting.

Sedangkan untuk mengupdate foto atau video di Instagram adalah pada pukul 06.00-08.00, serta pukul 20.00-23.00. Waktu-waktu tersebut merupakan waktu yang sangat tepat untuk memperbaharui postingan. Pada jam tersebutlah orang lebih banyak menggunakan waktunya untuk berselancar di sosial media.

5. Mengendorse Produk Melalui Selebgram

Istilah selebgram bukan hal yang asing ditelinga para pengguna Instagram. Selebgram adalah mereka yang memiliki ketenaran seperti selebriti. Mereka terkenal di Instagram dengan followers yang banyak dan menjadi primadona bagi kebanyakan orang. Dengan ketenaran yang mereka miliki, para pebisnis online shop bisa memanfaatkannya sebagai ajang promosi produk.

6. Memasang Iklan di Instagram

Pemasangan iklan produk merupakan cara promosi online shop di Instagram merupakan hal yang harus dilakukan jika ingin menarik banyak pelanggan. Tampilan iklan di Instagram mirip postingan di timeline pada umumnya, yang membedakan adalah tulisan sponsored di atasya. Untuk melakukannya bisa melalui Facebook Busniness Manager (BM).

7. Menampilkan Testimoni

Untuk membuat pelanggan percaya akan bisnis yang dijalankan, maka perlu memberikan bukti yang konkrit. Bukti ini biasa disebut testimoni yang menampilkan kepuasan pelanggan setelah membeli produk. Testimoni bisa ditampilkan dalam berbagai bentuk seperti hasil screenshot percakapan dengan pelanggan.

Sekian ulasan mengenai cara promosi online shop di Instagram untuk para pebisnis. Cara-cara tersebut dapat dilakukan dengan mudah atau mengkombinasikannya cara yang lain. Melalui ulasan ini semoga bisa menambah referensi dan bisnis yang dijalankan bisa semakin berkembang.

Negara dengan Pendapatan Terendah di Dunia tahun 2019

Gross National Income (GNI) atau tingkat pendapatan negara sangat penting untuk mengukur kemakmuran suatu masyarakat. GNI dipengaruhi oleh pendapatan warganya, infrastrukur, tingkat kesehatan, kesenjangan sosial bahkan rawan tidaknya suatu negara terhadap konflik. Contohnya, semakin tinggi tingkat kesehatan suatu negara maka semakin tinggi pula pendapatan warganya. Hal ini secara makro akan berdampak pada semakin tinggi pula pendapatan negaranya. Di dunia ini tentu terdapat negara dengan pendapatan terendah yang diakibatkan oleh banyak faktor seperti rawan perang, daya beli masyarakat rendah dan sebagainya. Berikut ini data terbaru negara-negara yang dimaksud.

1. Sudan Selatan

Negara yang termasuk dalam Sudan ini memisahkan diri dan resmi menjadi sebuah negara pada tahun 2011 silam. Cukup muda untuk dikatakan merdeka sehingga masih banyak terjadi perebutan kekuasaan hingga saat ini. Kondisi dalam negeri yang sangat tidak stabil membuat negara ini masih terpuruk dengan hanya mampu memperoleh pendapatan USS 246. Sebagian besar pendapatan negara ini diperoleh dari hasil pertanian yang juga masih tergolong baru bagi Sudan Selatan.

2. Malawi

Negara yang berada di Benua Afrika hanya mampu menghasilkan pendapatan USD 250 per kapita. Banyak faktor yang dinilai menjadi penyebabnya seperti cara bertani yang masih primitif. Malawi bergantung pada hasil bumi dengan cara bertani ini. Namun sayangnya, cara bertani yang dilakukan oleh kebanyakan masyarakatnya masih tergolong terbelakang atau primitif. Sehingga sangat bergantung pada kondisi alam. Selain itu tingkat pendidikan masih sangat rendah sehingga sumber daya manusia yang menjadi faktor penting pendokrak kemajuan negara masih belum mampu memperbaiki keadaan negara Malawi.

3. Burundi

Masih tak beranjak dari Benua Afrika, negara dengan pendapatan terendah selanjutnya ialah Burundi. Negara ini telah merdeka dari Belgia sejak tahun 1962 dan selanjutnya menganut sistem pemerintahan presidensial. Sayangnya, pemerintahan setelah merdeka ini sangat otoriter. Perang antar saudara tidak dapat dihindarkan dari suku Tutsi pendukung pemerintah dengan Hutu. Konflik ini tidak selesai hingga saat ini dan menelan banyak korban jiwa yang mayoritas dari masyarakt sipil. Akibat suasana dalam negara yang tidak stabil ini, Burundi hanya dapat memperoleh pendapatan USS 267 per kapita.

4. Republik Kongo

Kongo masih rawan konflik atau perang yang bermula di tahun 1998. Sampai sekarang konflik tersebut masih saja memanas hingga banyak warga masyarakat yang mengalami kelaparan. Tingkat kematian setiap bulannya masih tergolong tinggi  baik akibat perang maupun kelaparan. Tak hanya itu, akibat kelaparan ini Kongo dikenal sebagai negara kanibal. Banyak suku yang mengincar suku lain untuk dimakan karena minimnya bahan makanan. Tindak kriminal seperti perkosaan masih sering terjadi hingga kini menambah suram kondisi di negara ini. Menurut World Bank, Kongo hanya mampu menghasilkan pendapatan USS 328.

5. Repbulik Afrika Tengah

Sebenarnya, Republik Afrika Tengah mampu mengekspor hasil buminya yaitu berlian. Namun pemerintahan yang tidak baik membuat hal tersebut menjadi sedikit sia-sia. Tak hanya itu, konfilik antar warga sipil kerap terjadi di negara ini. Masalah yang sering menjadi pemicu ialah agama. Negera ini mampu memperoleh penghasilan USD 332 per kapita.

6. Madagaskar

Madagaskar masuk dalam negara dengan pendapatan terendah di dunia tahun 2019 karena GNI –nya yang terus menurun drastis. Selama 20 tahun terakhir, pendapatan Madagaskar terus menurun tak akhyal kini 70% warganya hidup dalam kemiskinan. Pendapatan yang mampu diperoleh setiap tahunnya yaitu USS 463.

Itulah 6 negara dengan pendapatan terendah di dunia tahun 2019. Kondisi dalam negeri yang rawan konflik menjadi mayoritas penyebab rendahnya pendapatan negara-negara tersebut. Inventor, pengimpor maupun wisatawan yang akan mengunjungi negara tersebut akan ragu memilih negara-negara yang rawan konflik pendapatan terus menurun.

9 Cara Mengurangi Nyeri Haid yang Mudah dilakukan

Cara mengurangi nyeri haid bisa dilakukan dengan mengenali penyebab nyeri haid. Saat dinding rahim berontraksi untuk menggugurkan darah. Saat menstruasi seorang wanita memproduksi hormone prostaglandin. Jika berlebihan maka nyeri yang ditimbulkan semakin besar. Prostaglandin juga menyebabkan mual, diare, dan sakit kepala.

1. Konsumsi Air Putih

Nyeri haid melanda, cobalah tetap untuk meminum air putih dengan irisan lemon untuk kebutuhan cairan dalam tubuh. Saat berkativitas , tubuh tetap butuh cairan untuk metabolisme. Dengan minum air putih hangat bisa melegakan sedikit nyeri saat haid.

2. Kompres Perut

Cobalah untuk mengkompres perut dengan air hangat. Masukkan air hangat ke dalam botol kaca dan tempelkan di sekitar area perut. Tempelkan pula di tempat yang terasa nyeri. Dengan begitu akan sedikit membantu meredakan nyeri saat haid. Bisa juga dengan mandi air hangat agar tubuh dan pikiran terasa lebih baik.

3. Makan Makanan Bergizi

Biasanya saat nyeri haid melanda akan mengurangi nasfu makan. Padahal jika tidak makan akan berakibat pada sakit yang lebih parah lagi. Tetaplah untuk sarapan pagi dengan makanan yang bergizi seperti makanan yang kaya akan serat dan rendah lemak, sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan. Segelas susu kedelai hangat juga bisa menambah gizi untuk tubuh tetap beraktivitas saat nyeri.

4. Lakukan Olahraga Ringan

Cara mengurangi nyeri haid dengan melakukan olahraga ringan, seperti jalan-jalan, lari kecil, senam ringan atau bersepeda. Saat melakukan aktivitas, tubuh menghasikan hormone endrofin yang membuat suasana hati menjadi senang. Dengan begitu nyeri haid akan mereda.

5. Aktif Bergerak

Nyeri haid membuat tubuh malas untuk bergerak, jangan sampai dengan kemalasan yang melanda tersebut membuat nyeri yang semakin parah di area perut. Justru saat kita bergerak tentu nyeri perut akan terabaikan. Lakukan kegiatan rumah misal membersihkan rumah, berkebun agar tubuh tetap segar serta nyeri pun mereda.

6. Pijatan untuk Tubuh

Tubuh akan lebih baik dan nyaman jika dipijat. Sensasi pijatan menjadikan otot dan sendi menjadi lentur dan mengurangi rasa nyeri yang ada di perut. Bisa juga dengan pijatan kaki, tangan dan punggung.  

7. Minum Jamu Kunyit Asam

Khasiat dari jamu kunyit asam adalah meredakan nyeri haid. Jamu tersebut bisa dibuat sendiri di rumah dengan merebus sedikit kunyit serta asam jawa. Jika air rebusan sudah mendidih tinggal saring lalu sajikan. kunyit asam diminum selagi masih hangat agar nyeri mereda.

8. Konsumsi Vitamin D

Salah satu faktor adanya nyeri saat haid adalah kurangnya mengkonsumsi vitamin D. kandungan vitamin D dapat mengurangi kram perut. Vitamin D bisa dijumpai pada makanan berupa hati sapi.  Namun, harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter adakah batasan dalam mengkonsumsi vitamin D

9. Hindari Stres

Kondisi nyeri haid akan lebih parah jika pikiran sedang stres. Maka saat haid, sebaiknya hindari stres dengan mengalihkan keadaan. Setiap orang punya kebiasaan masing-masing untuk mengurangi stres, misal menonton film, jalan-jalan, mendengarkan lagu atau membaca buku.

10. Beri Obat Pereda Nyeri

Karena prostaglandin terproduksi banyak dan akbitanya menyebabkan nyeri yang tak tertahankan maka harus segera meminum obat pereda nyeri. Dengan begitu bisa mengurangi nyeri saat haid. Jika terasa lemas cobalah untuk beristirahat dan menunggu obat bereaksi.

11. Hubungi Dokter Jika Nyeri Terus-Menerus

Hubungi dokter jika terjadi nyeri haid yang berkepanjangan. Karena jika nyeri semakin menjadi maka aktivitas akan terganggu serta menjadi malas minum dan makan. Berakibat kekurangan gizi serta cairan. Dengan pergi ke dokter segera akan lebih membantu meredakan nyeri haid.

Seorang wanita yang mengalami PMS (Premenstrual Syndrome) harus mencari cara mengurangi nyeri haid. Agar aktivitas harian tetap lancar dan tidak terganggu. Dengan mengutamakan hal tersebut, maka nyeri haid bisa teratasi.

5 Negara yang Pecah karena Perang dan Sejarahnya yang Wajib Tahu

Sebuah negara memiliki riwayat sejarah masing-masing. Ada yang berdiri dan makin berkuasa hingga kini. Ada pula yang akhirnya berdaulat dan merdeka. Dan ada yang pecah karena perang. Negara yang pecah karena perang merupakan sebuah negara yang memang  terjadi karena adanya pemisahan wilayah atau penggabungan wilayah.

1. Jerman

Merujuk pada sejarah, dahulu Jerman merupakan negara kekaisaran. Kemudian setelah perang dunia II akhirnya wilayah Jerman terbagi menjadi dua, Jerman Barat dengan Republik Federasi Jerman dan Jerman Timur dengan sebutan Republik Demokrasi Jerman. Ideologi yang berbeda tersebut yang telah memisahkan Jerman pada saat perang dunia.

Hingga di tahun 1990 akhirnya jerman bersatu kembali dengan nama Republik Federasi Jerman yang terdiri dari 39 Federasi yang berdaulat. Dan menjadikan Berlin sebagai ibu kota negara Jerman. Dari Jerman lah lahir para filsuf yang pemikirannya mampu mempengaruhi dunia, seperti Kalr Marx, Hegel, Martin Luther. Jerman juga terkenal dengan sejarah kelamnya tentang Hittler pendukung Nazi pernah sangat berpengaruh di Jerman.

2. Korea

Korea pernah dijajah oleh Jepang hingga perang dunia ke II berlangsung. Setelah Jepang melemah, justru Korea dikuasai oleh Uni Soviet dan Amerika Serikat. Pada tahun 1945 wilayah Korea akhirnya dibagi menjadi dua berdasarkan garis lintang 38 derajat yang sejajar. Di wilayah selatan dikuasai oleh Amerika yang akhirnya berdirilah Republik Korea.

Sedangkan wilayah utara yang dikuasai oleh Uni Soviet akhirnya berdiri pula negara Korea dengan sebutan Republik Demokratik Rakyat Komunis. Selanjutnya di Tahun 1950 Korea Utara berusaha menyerang Korea Selatan. Namun akhirnya digagalkan oleh PBB. Upaya PBB untuk mempersatukan Korea ternyata mengalami hambatan, karena hingga saat ini Korea Selatan dan Korea Utara tetap berseteru.

3. Uni Soviet

Dahulu terjadi revolusi kekaisaran Rusia, maka runtuhlah kekaisaran Rusia tersebut dan tahun 1922 berdirilah Uni Soviet. Lenin merupakan pemimpin pertama yang menganut paham komunis sosialis. Setelah itu digantikan oleh Stalin yang pada masa itu melewati proses industry besar-besaran. Dengan kekuasaan Stalin yang sangat tirani hingga menjadi salah satu negara adidaya di dunia. Setelah berganti kepemimpian oleh Gorbachev dan mengeluarkan kebijakan glasnost dan perestroika.

Kebijakan tersebut yang pada akhirnya memicu negara bagian Uni soviet memisahkan diri.  Selain itu terjadi guncangan ekonomi  minyak dunia yang berakibat menurunnya pendapatan bagi Uni Soviet. Pada akhirnya bulan Desember 1991 Uni Soviet dibubarkan. Dan negara-negara bagian dari Uni Soviet seperti, Armenia, Estinia,Kazakhstan, Rusia, Turkmenistan, Uzbekistan, Ukrania akhirnya memisahkan dan memerdekakan diri.

4. Vietnam

Vietnam merdeka tahun 1945, kemerdekaan diberikan oleh Perancis. Sebelum bersatu menjadi Republik Rakyat Vietnam. Justru Vietnam sudah terpecah menjadi dua wilayah. Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Kedua negara tersebut saling menyerang.

Dengan berbagai cara hingga meminta dukungan Amerika Serikat dan pada akhirnya Vietnam Selatan menyerah. Pada selanjutnya Ibu kota Vietnam utara yang dulu bernama Saigon berganti dengan nama Ho Chi Minh City. Dan bersatulah Vietnam di tahun 1975. Negara yang pecah karena perang ini justru akhirnya bersatu menjadi Republik Rakyat Vietnam.

5. Yugoslavia

Terjadi krisis politik di di tahun 1980-an Yugoslavia menjadi terpecah. Adanya isu yang tak kunjung selesai dan perang tersebut mempengaruhi Bosnia dan Herzegovina serta negara tetangga Kroasia. Hal itu pula terjadi akibat meninggalnya Josep Bros Tito. Negara tersebut makin tidak stabil secara ekonomi dan politik.

Itulah lima negara yang pecah karena perang. Perang dengan sesame wilayahnya sendiri atau perang dengan negara lain. Tentu sebuah peperangan bisa memecah sebuah negara selain itu pengaruh ekonomi dan politik negara tersebut juga bisa menyebabkan konflik.